banner 728x250

Weton Jawa dan Cara Menghitungnya untuk Mencari Hari Baik

  • Bagikan
Ilustrasi kalender. Dok
banner 468x60

JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebagian masyarakat di Jawa hingga kini masih menggunakan weton dalam berbagai keperluan, seperti untuk mencari hari baik untuk melaksanakan suatau hajat.

Dalam penelitiannya berjudul Pola Bilangan Matematis Perhitungan Weton dalam Tradisi Jawa dan Sunda, David Setiadi dan Aristya Imswatama menuliskan bahwa weton merupakan peringatan hari lahir seseorang yang diperingati setiap 35 hari sekali.

banner 336x280

Hasil penelitian mereka dipublikasikan dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Ilmu Administrasi dan Humaniora.

Weton Jawa

Weton, dalam kebudayaan Jawa, dianggap sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Hal ini karena weton yang memiliki beragam kegunaan seperti sebagai hitungan dalam mencari hari baik saat akan melaksanakan suatu pernikahan, membangun rumah, pindah rumah, atau untuk menentukan waktu pelaksanaan khitan.

Jumlah weton, yang dianggap hari baik, dapat dihitung dan diketahui dari hari lahir serta pasaran yang biasanya dicatat oleh orang tua yang bersangkutan.

Suku Jawa sendiri dalam sistem perhitungannya mengenal konsep mendasar yang disebut cocok, yaitu sesuai sebagaimana kesesuaian antara kunci dan gembok, serta kesesuaian seorang pria dengan wanita yang akan dinikahi.

Halaman:   1 2 3 Show All

banner 120x600
  • Bagikan