banner 728x250

Tergiur Keuntungan Menjanjikan, Desa Sigit Rintis Budidaya Porang Seluas 3 Hektare. Dibantu 1,5 Ton Bibit dari BPTP dan DPR RI

  • Bagikan
Anggota DPR RI, Luluk Nur Hamidah bersama Kepala BPTP Jateng, Joko Pramono serta Kades Sigit, Wardoyo saat melakukan tanam perdana Porang di lahan demfarm di Desa Sigit, Tangen, Sragen, Selasa (14/9/2021). Foto/Wardoyo
banner 468x60

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM- Desa Sigit di Kecamatan Tangen, Sragen merintis budidaya tanaman porang seluas tiga hektare.

Keuntungan menjanjikan dan prospek pangsa pasar cerah menjadi alasan Pemdes dan kelompok tani di desa perbatasan itu tergerak untuk membudidayakan tanaman bernama latin Amorphophallus Muelleri itu.

banner 336x280

Tak tanggung-tanggung, tiga hektare lahan langsung disediakan untuk menjadi demfarm (percontohan) di desa itu.

Tanam perdana dilakukan siang tadi, Selasa (14/9/2021) siang dengan dihadiri Anggota DPR RI Komisi IV Luluk Nur Hamidah dan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jateng, Joko Pramono.

Desa itu mendapat bantuan bibit Porang sebanyak 1,5 ton yang seluruhnya disuplai dari BPTP Jateng. Sementara bantuan untuk Demfarm porang di Sigit itu mendapat kucuran anggaran senilai hampir Rp 371 juta.

Kades Sigit, Wardoyo mengatakan budidaya porang di desanya itu berawal dari aspirasi kelompok tani yang difasilitasi anggota DPR RI dan kemudian direalisasi bantuan oleh BPTP Jateng.

Dari desa menyediakan lahan seluas 3 hektare dari sebagian tanah kas desa dan sebagian milik perorangan. Untuk pengelolaan, nantinya langsung ditangani 14 orang dari kelompok tani di desanya.

Halaman:   1 2 3 4 | 5 | Show All

banner 120x600
  • Bagikan