banner 728x250

Menko Airlangga Minta Daerah Ikut Mendukung Operasionalisasi Pengembangan KEK

  • Bagikan
Airlangga Hartarto / Istimewa
banner 468x60

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sampai saat ini, Pemerintah telah menetapkan 19 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yang terdiri dari 11 KEK Industri dan 8 KEK Pariwisata.

Dari 19 KEK tersebut, sebanyak 12 KEK telah beroperasi dan tujuh KEK sedang dalam tahap pembangunan.

banner 336x280

Demikian dijelaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam webinar bertajuk Kebijakan, Implementasi, dan Manfaat Kawasan Ekonomi Khusus Sebagai Strategi Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin (13/9/2021).

Menurut Menko Airlangga, pengembangan KEK dilakukan oleh Pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan investasi, ekspor, substitusi impor, menciptakan lapangan pekerjaan, dan membuat model terobosan pengembangan kawasan melalui pengembangan industri dan jasa.

KEK dikembangkan melalui jenis-jenis usaha yang tergolong dalam industri berdaya saing global, jasa pariwisata bertaraf internasional, jasa pendidikan dan kesehatan, serta ekonomi digital.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Sekretariat Dewan Nasional (Sekdenas) KEK, realisasi investasi dalam Pembangunan Kawasan pada 19 KEK telah mencapai Rp 19,52 triliun.

Investasi pembangunan kawasan tersebut, secara akumulatif meningkatkan kinerja investasi 19 KEK hingga Juli 2021 telah mencapai Rp 92,3 triliun dengan realisasi investasi pelaku usaha sebesar Rp 32,76 triliun.

Halaman:   1 2 3 Show All

banner 120x600
  • Bagikan