Selain Memiliki Rasa yang Lezat, Durian Bakar Juga Banyak Khasiatnya Lho!

0
22
ilustrasi durian / pexels

loading...
Loading...

MEDAN, JOGLOSEMARNEWS.COM  –Bagi pecinta durian, tentunya segala olahan durian terasa menggiurkan. Termasuk, durian yang dinikmati dengan cara berbeda bernama durian bakar.

Tentu masyarakat bertanya-tanya, bagaimana kelezatan olahan durian bakar ini. Tanpa dibakar, durian sudah memiliki rasa yang enak.

Salah satunya, durian bakaar ini muncul di Kota Medan, Sumatera Utara. Di kota tersebutkan menawarkan durian bakar bagi penikmat kuloy berduri.

Durian bakar disebut tidak memiliki aroma yang menyengat dibandingkan durian yang biasanya. Dan digadang-gadangan durian bakar memiliki rasa yang lebih nikmat ketika disantap.

Patar Siahaan, penjual durian bakar yang berada di Medan mengatakan, ia menemukan cara baru untuk mengolah durian sekitar satu tahun yang lalu setelah ia pulang dari rumah temannya yang berada di Pulau Jawa.

Setelah kembali ke Medan, ia mencoba inovasi baru dengan durian bakar. Durian bakar merupakan durian yang dibakar di atas api. Bagian kulit durian dibakar selama 10 menit hingga matang.

Ternyata setelah ia berhasil mengadaptasi hal ini, banyak pelanggan yang menyambut gembira atas hadirnya durian bakar itu.

Sejak dua pekan yang lalu, Patar Siahaan telah menemukan pelanggan yang loyal.

“Awalnya adaptasi hal ini dan mulai menemukan pelanggan loyal sejak mulai dari dua pekan lalu,” ujarnya, Rabu (25/8/2021), dikutip dari republika.co.

Para pelanggan mengaku menyukainya karena bau durian yang menyengat menjadi berkurang, rasa lebih enak, serta dapat menghilangkan kandungan kolestrol dan gas yang ada dalam buah durian.

Harga durian bakar sendiri relatif sama dengan durian pada umumnya. Walau melalui proses pembakaran, pelanggan hanya perlu merogoh kantong sekitar Rp 30.000 hingga Rp 70.000 saja sesuai dengan ukuran yang dipilih.

Semakin besar durian yang dipilih, harga yang dibandrol semakin mahal.

Jika berbicara mengenai khasiatnya, buah durian setelah dibakar kolestrol dan kadar gulanya akan hilang dengan sendirinya.

“Yang hipertensi itu pun makan durian bakar tidak berpengaruh tensinya dan satu lagi, begitu kita makan durian bakar ini tidak ada bau durian di mulut kita,” jelasnya.

Salah satu pengunjung dan juga penikmat durian bernama Ayana mengatakan bahwa durian bakar memiliki tekstur lembut daripada durian pada umumnya.

Ia mengakui bahwa rasa durian ini lebih enak seperti memegang mentega, mempunyai tekstur lembut dan lebih lemak.  Inasya Salma Nabila